Layanan Bea & Cukai

Layanan bantuan ini disediakan oleh ahli bea cukai yang memiliki pengalaman luas dalam bea cukai dan juga seorang mantan petugas bea cukai. Tim kami dapat memberikan solusi untuk perencanaan dan penyelesaian perselisihan dalam masalah bea cukai termasuk pemeriksaan pabean dan sengketa pabean.

Kami Memberikan Bantuan Layanan Bea dan Cukai Meliputi:

Kepatuhan adalah salah satu hal terpenting yang harus kita lakukan dalam berbisnis di Indonesia, namun beberapa perusahaan harus menghadapi kompleksitas berbisnis karena ketidaktahuan mereka terhadap peraturan bea dan cukai, sehingga banyak perusahaan tidak mencapai target mereka bahkan sampai berakhir dengan penutupan bisnis mereka.

Kami akan melakukan kajian proses bisnis Anda berdasarkan peraturan bea dan cukai untuk memastikan bisnis Anda memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi dan untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan bisnis Anda di masa mendatang, sehingga Anda dapat melakukan proses bisnis dengan percaya diri.

Langkah-langkah dalam pelaksanaan layanan:

  • Memahami proses bisnis maupun rencana bisnis klien.
  • Memberikan informasi kepada klien mengenai peraturan bea dan cukai yang paling sesuai sehingga klien dapat menjalankan proses bisnis maupun rencana bisnis.

Melayani dan membantu bisnis Anda dengan tenaga ahli yang berpengalaman di bidang bea dan cukai.

Langkah-langkah dalam pelaksanaan layanan:

  • Memahami proses bisnis maupun rencana bisnis klien
  • Menugaskan tenaga ahli dengan latar belakang pengetahuan bea cukai sesuai kebutuhan klien

Monitoring dan komunikasi terkait pelaksanaan pekerjaan

Memberikan panduan dan pendampingan saat Anda diperiksa oleh Otoritas Kepabeanan, untuk membantu Anda memahami proses pemeriksaan dan bagaimana menangkal temuan pemeriksaan.

Langkah-langkah dalam pelaksanaan layanan:

  • Memahami proses bisnis maupun rencana bisnis klien
  • Memperkirakan data pemeriksaan yang dibutuhkan, target pemeriksaan, risiko pemeriksaan
  • Mengkaji dan menyiapkan data maupun dokumen untuk pemeriksaan kepabeanan
  • Membantu proses pemeriksaan pabean
  • Mendampingi dan / atau mewakili klien dalam rapat dan / atau diskusi dengan pemeriksa.
  • Membantu klien dalam mempersiapkan jawaban atau surat tanggapan atas temuan-temuan audit.

Memberikan bantuan dan pendampingan dalam mendapatkan lisensi, izin, sertifikasi yang berhubungan dengan proses bea dan cukai seperti NIK, BKPM, Masterlist, Temporary Import, KITE, Bonded License, Sertifikasi AEO, Penentuan Nilai Pabean, API, dan lain-lain.

Langkah-langkah untuk melakukan pengaturan instrumen lisensi:

  • Menentukan lisensi, sertifikasi, atau fasilitasi bea dan cukai sesuai dengan kebutuhan proses bisnis klien
  • Membantu Klien dalam menyusun dokumen yang dibutuhkan
  • Menyertai dan / atau mewakili klien dalam rapat dan / atau diskusi untuk mendapatkan instrumen lisensi atau fasilitasi.

Memberikan pelatihan, seminar atau lokakarya untuk membantu Anda dalam meningkatkan keterampilan pegawai dan pengetahuan mereka dalam memahami peraturan Bea dan Cukai dan peraturan terkait yang harus diterapkan dalam proses bisnis Anda.

Langkah-langkah untuk melakukan pelatihan, seminar dan workshop:

  • Memahami proses bisnis dan / atau rencana bisnis klien
  • Menyiapkan materi pelatihan sesuai kebutuhan klien
  • Melaksanakan pelatihan, seminar atau lokakarya di kantor konsultan TPC, kantor klien atau tempat lain sesuai kebutuhan.

Membantu Anda dalam menangani pengizinan bea cukai Anda dengan menyediakan semua data dan informasi yang terkait dengan kegiatan ekspor impor Anda, seperti:

  • Penentuan Nomor Kode HS
  • Bantuan dalam Dokumen Pabean terisi
  • Bantuan dalam menjelaskan kepada otoritas pabean

Kepatuhan adalah salah satu hal terpenting yang harus kita lakukan dalam berbisnis di Indonesia, namun beberapa perusahaan harus menghadapi kompleksitas berbisnis karena ketidaktahuan mereka terhadap peraturan bea dan cukai, sehingga banyak perusahaan tidak mencapai target mereka bahkan sampai berakhir dengan penutupan bisnis mereka.

Kami akan melakukan tinjauan proses bisnis Anda terhadap peraturan bea dan cukai, untuk memastikan bisnis Anda memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi dan untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan bisnis Anda di masa mendatang, sehingga Anda dapat melakukan proses bisnis dengan percaya diri.

Langkah-langkah dalam pelaksanaan layanan:

  • Memahami proses bisnis dan / atau rencana bisnis klien.
  • Memberikan informasi kepada klien mengenai peraturan bea dan cukai yang paling sesuai sehingga klien harus mematuhi proses bisnis maupun rencana bisnis.

Dalam menjalankan bisnis, risiko kepabeanan dan cukai adalah faktor yang dapat mengganggu kelancaran bisnis Anda. Sangatlah penting untuk mengurangi, mengelola dan meminimalkan atau bahkan menghilangkan semua potensi risiko pabean dan cukai dalam bisnis Anda.

Kami akan melakukan mitigasi semua kemungkinan risiko dari bea dan cukai dalam proses bisnis Anda dan akan memberi Anda solusi berdasarkan peraturan untuk menghilangkan atau meminimalkan risiko.

Langkah-langkah dalam pelaksanaan layanan:

  • Memahami proses bisnis maupun rencana bisnis klien
  • Melakukan pengujian terhadap data sampel transaksi
  • Memberikan informasi kepada klien mengenai peraturan bea dan cukai yang mungkin dilanggar dan menghitung potensi tagihan bea cukai yang mungkin timbul
  • Menyediakan skema, SOP dan alat lainnya untuk mencegah agar risiko tidak terjadi di masa depan

Memberikan pemeriksaan audit internal dengan standar Kepabeanan dan Cukai Indonesia sebelum Anda diperiksa oleh Otoritas Kepabeanan.

Langkah-langkah untuk melakukan pemeriksaan internal terkait bea dan cukai

  • Memahami proses bisnis maupun rencana bisnis klien
  • Menentukan program audit dan periode waktu
  • Melakukan pemeriksaan internal standar bea dan cukai berdasarkan peraturan pemeriksaan bea cukai
  • Mempresentasikan eksposur pemeriksaan bea cukai internal

Memberi layanan konsultasi di bidang bea cukai dan peraturan bea dan cukai.

Kami menyediakan sesi konsultasi dalam membahas pertemuan, telepon, email dan sarana komunikasi lainnya, untuk masalah:

  • Peraturan Bea dan Cukai
  • Peraturan terkait bisnis proses pabean
  • Memberikan bantuan pelayanan kepada klien berupa pemberitahuan tentang masalah pabean dan yang terkait.

Kami memberikan bantuan dalam mempersiapkan dan menyediakan dokumen yang dibutuhkan, dan mewakili Anda dalam proses keberatan di kantor Pabean, proses banding di pengadilan pajak dan pertimbangan ulang ke pengadilan tertinggi.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk layanan masalah perselisihan bea cukai:

  • Memahami sengketa yang terjadi
  • Melakukan review peraturan perselisihan
  • Meninjau dan mempersiapkan tindakan balasan terkait sengketa
  • Membantu klien dalam mempersiapkan surat keberatan, banding atau pertimbangan ulang
  • Menyertai dan / atau mewakili klien dalam proses keberatan, banding atau pertimbangan ulang

Kami memberikan bantuan dalam penentuan / klasifikasi barang impor dan ekspor berdasarkan buku Nomor Kode HS.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam penentuan klasifikasi barang Pabean:

  • Memahami proses bisnis dan / atau rencana bisnis klien
  • Memahami informasi teknis yang berkaitan dengan barang

Memberikan bantuan kepada klien berupa pendapat tentang klasifikasi (Kode HS) barang Pabean

Kami membantu menyediakan semua dokumen dan persyaratan dalam permohonan refund bea cukai, bertemu dengan bea cukai sampai dikeluarkannya keputusan pengembalian dana.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk refund bea cukai

  • Memahami bea dan cukai yang dapat direfund
  • Membantu menyiapkan dokumen dan persyaratan terkait proses refund

Mendampingi maupun membantu klien dalam proses bea cukai dan refund

Memberikan bantuan layanan yang berkaitan dengan penilaian dan pengaturan sertifikasi dan pengakuan AEO dari Otoritas Pabean.

Langkah-langkah untuk melakukan pengaturan pengurusan lisensi

  • Memahami standar keamanan proses bisnis klien
  • Melakukan analisis Gap sesuai dengan standar keamanan antara proses bisnis klien dan Standar AEO
  • Memberikan saran pembetulan kepada klien untuk mencapai standar AEO
  • Membantu klien dalam menyiapkan dokumen yang dibutuhkan
  • Menyertai dan / atau mewakili klien dalam rapat dan / atau diskusi untuk mendapatkan pengakuan AEO
error: Dilarang Pelajiat !!!!